Klik foto ini, untuk berkunjung ke twitter gue

Jumat, 15 November 2013

3P (PeDeKaTe, Penembakan, PHK)

Banyak yang bilang pekerjaan dan cinta merupakan aspek penting dalam hidup manusia. Ada yang bilang pekerjaan dan cinta bisa menjadi hal yang tak terpisahkan. Hal ini mendorong saya untuk melihat lebih dalam, apa yang menjadi penyebab dari statement itu.
Setelah diperhatikan cukup lama, ternyata statement tersebut muncul karena adanya kemiripan antara pekerjaan dan cinta. Nah, kali ini saya akan bahas kemiripan keduanya dari segi prosesya dengan bahasa yang semoga bisa kalian pahami. 

PDKT : PeDeKaTe
Yaaa, istilah 'pedekate' pasti udah ga asing di telinga pembaca. Dalam pacaran, ini adalah suatu tahap awal sebelum seseorang membangun hubungan sebagai pacar, dimana dalam tahap ini dua insan saling mengenal satu sama lain. Dalam tahap ini, biasanya individu akan mulai mencari informasi-informasi, mulai dari hal yang paling penting, seperti tanggal ulang tahun, hobi, sampai hal yang sebenernya ga penting, nama Pak RT misalnya. Tak hanya itu, individu juga mulai mencari kecocokan antara dirinya dengan calon pacar, mencari kesempatan jalan, atau bahkan mempersiapkan alternatif jika nantinya ditolak.

Dalam pekerjaan, tahap ini lebih dikenal sebagai tahap eksplorasi karier. Menurut Super dalam Gunawan (2013), tahap eksplorasi karier merupakan suatu proses kompleks dan bersifat pribadi untuk mencapai tujuan karier yang diinginkan. Dalam tahapannya mencapai tujuan karier tersebut individu mengumpulkan informasi, mencari kesempatan kerja (magang), serta mempersiapkan alternatif pekerjaan yang dirasa sesuai dengan dirinya.


PENEMBAKAN atau MELAMAR KERJA
Setelah proses 'PeDeKaTe' sukses, suatu hubungan biasaya akan berlanjut ke 1 tingkat di atasnya, yakni penembakan, sebuah tahap untuk menyatakan "saya mau jadi pacarmu." Tahap ini merupakan suatu tahap penting untuk menentukan status seseorang, jomblo, atau in relationship with .....

Sedangkan dalam pekerjaan, tahap ini dikatakan sebagai tahap melamar kerja, sebuah tahap untuk menyatakan "oke, saya mau bekerja di tempat ini." Tahap ini juga menentukan status seseorang, pengangguran atau work at .....

PHK : Putus Hubungan Kerja
Nah, dalam dunia ini setiap ada awal, pasti ada akhirnya. Akhir yang mau di bahas dii sini adalah akhir jangka pendek. Dalam dunia pekerjaan, siapa coba yang ga tau kata PHK? Sebuah fase yang dikenal sebagai akhir dari suatu hubungan kerja, baik yang diakhiri secara baik-baik ataupun dengan faktor X.

Dalam pacaran, ternyata ada juga istilah PHK, yakni Putus Hubungan Kita. Fase ini sama dengan PHK pada pekerjaan, yakni akhir dari sebuah hubungan pacar.

Nah, itu dia tadi beberapa persamaan yang pasti dialami dalam tahap pekerjaan maupun pacaran. Semoga bisa menghibur buat kamu-kamu yang lagi penat sama tugas di dunia ini. Sampai berjumpa lagi dengan saya, Lucky Wibowo. Orang yang percaya bahwa dirinya BESAR.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar