Klik foto ini, untuk berkunjung ke twitter gue

Minggu, 22 Juli 2012

Mengantuk saat belajar? Tanya kenapa!!!??

Mengantuk merupakan hal yang wajar bagi kebanyakan orang. Namun, bagaimana jika mengantuk tersebut dialami ketika seseorang sedang berada di sekolah ataupun kampus? Mengantuk menjadi suatu tantangan tersendiri bagi mereka yang berada disekolah perkuliahan. Tak hanya peserta didik saja, namun bagi staf pengajar pun mengantuk merupakan sebuah tantangan tersendiri. Lalu? Bagaimana cara mengatasi peserta didik yang mengantuk? Yukz, kita simak sama-sama ulasannya..
Bagi kebanyakan orang, mengantuk disebabkan beberapa faktor, antara lain
1. Tidak sarapan pagi
2. Kurang tidur (tidur tidak teratur)
3. Kurang oksigen ke otak
4. Cuacanya mendung
5. Dan sebagainya
Namun gue baru menemukan salah satu faktor yang membuat seorang peserta didik menjadi tidur di kelas, yakni dikarenakan pola perilaku dari orang tua kita pada waktu masih kecil.

Kalau kita inget-inget, mungkin sebagian besar dari kita sering sekali didongengkan sebelum tidur. Memang di satu sisi untuk merangsang bagian otak kita dan tumbuh kembang, tapi di satu sisi fungsi lainnya adalah supaya kita cepat tidur. Dengan mengulang proses mendongeng tersebut selama rentang hidup kita, lama-lama pola perilaku akan terbentuk bahwa ketika mendengarkan orang bercerita, kita akan mulai mengantuk dan tidur. Coba bandingkan dengan gaya pengajaran di sekolah maupun di tempat kuliah, sebagian besar staf pengajar masih menggunakan teknik 1 arah. Dalam teknik ini, peserta didik hanya mendengarkan materi dari sang pengajar. Dengan berbekal pola perilaku bahwa ketika ada orang bercerita kita akan tertidur, maka ketika staf pengajar mengajar hanya dengan teknik 1 arah sama aja seperti orang tua kita yang mendongeng. Hasilnya, para peserta didik akan BOBO selama belajar..

Berbeda di saat kita masih TK, yang gaya pembelajarannya adalah belajar sambil bermain. Kita secara antusias belajar, karena adanya aktifitas fisik. Hal ini menunjukkan bahwa untuk membuat seseorang antusias untuk belajar adalah dengan melibatkan peserta dalam proses belajar itu sendiri. Dengan kata lain, jika peserta didik anda ada yang masih tidur, tandanya anda harus mengubah cara mengajar anda dari 1 arah menjadi dua arah. Libatkan peserta didik anda dalam proses belajar mengajar anda. Kalau perlu melalui design belajar sambil bermain seperti waktu TK. Dengan begitu, murid akan menjadi lebih antusias dan tidak akan mengantuk karena adanya aktifitas fisik.

Akhir kata, saya Lucky Wibowo. Seorang blogger baru dan calon Sarjana Psikologi, yang mencoba menghibur dan menginspirasi pembaca dengan penuh keyakinan bahwa dirinya besar dan menyukai Vespa..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar